Sampingan

1.Pengertian e-mail  

Electronic Mail (disingkat e-mail atau surat-elektronik) atau nama umumnya dalam bahasa Inggrise-mail” (juga: posel atau pos elektronik, dan imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet. Dengan surat biasa seseorang perlu membeli prangko sebagai biaya pengiriman, tetapi surat elektronik tidak perlu memakai biaya untuk mengirim. Biaya yang mungkin dikeluarkan hanyalah biaya untuk membayar koneksiinternet.

A. Sejarah e-mail

Sejarah tentang e-mail tidak lepas pula dari sejarah perkembangan internet, dimana sejarah internet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.

Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah, sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @ juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan meluas ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.

2.Jenis e-mail 

1. POP Email
POP singkatan dari Post Office Protocol. Jalan yang dilalui sebuah email mirip dengan yang dialami oleh sebuah snail mail, yang mesti melewati beberapa kantor pos perantara sebelum akhirnya sampai ke tujuan. Akan halnya dengan email, sebuah email akan melewati beberapa komputer yang berperan sebagai router atau email server, sebelum akhirnya tiba pada email server yang ada pada ISP di mana alamat email kita terdaftar.
2. Web-based
Email / email gratisWeb-based Email, atau email berbasis web dikembangkan dengan tujuan untuk memberikan jasa email kepada orang yang memiliki akses internet, tetapi tidak memiliki account email sendiri, atau yang dimiliki bukan akses ke email server, tapi ke sebuah web server.
Jadi, orang yang akan mengirimkan email pertama-tama harus mengikuti prosedur untuk membuat sebuah account email yang pada umumnya disediakan secara gratis. Setelah selesai kita akan memiliki sebuah account email dengan user name yang telah kita tentukan dan domain name yang sudah ditetapkan oleh si pemberi jasa email gratis ini, termasuk dengan password.
Bila kita akan menulis sebuah email, email tersebut tidak ditulis pada email client yang konvensional tapi pada sebuah kolom / halaman khusus yang disediakan untuk itu. Pada kolom / halaman tersebut sudah lengkap tersedua bagian-bagian yang bisa diklik, untuk mengirimkan, menyimpan, dan sebagainya.
Bila kita akan mengecek apakah ada email yang ditujukan untuk kita maka kita akan harus masuk ke bagian inbox yang tentu disediakan di halaman tertentu di website yang memberikan jasa email semacam ini.
Sekali lagi, semuanya tidak menggunakan email client, tapi fasilitas yang dibuat khusus pada sebuah website. Contoh untuk ini banyak sekali, seperti hotmail.com, yahoo.com, gmail.com, dll.
3. Email Forwarder
Email Forwarder adalah sebuah fasilitas yang dulu banyak tersedia secara gratis, tapi kini sudah banyak yang komersial, dalam arti menuntut kita untuk membayar sejumlah uang tertentu.
Pengertian email forwarder adalah sebuah cara untuk membuat alias dari alamat email kita yang sebenarnya. Sebagai contoh, alamat email saya yang sebenarnya adalah, akan tetapi saya masih bisa menerima email dari manapun juga yang dialamatkan kepada inbox untuk alamat email saya yang asli. Dalam hal ini adalah sebuah email forwarder, karena semua email yang ditujukan kepada alamat itu akan diteruskan lagi ke alamat yang sebenarnya
Orang menggunakan email forwarder dengan berbagai macam alasan. Mungkin alamat email yang sebenarnya dirasakan terlalu jelas menunjukkan identitas seseorang, seperti ISP yang digunakan, atau negara asal pengirim. Alasan lain boleh jadi adalah bila seseorang ingin anonim dalam sebuah forum diskusi tertentu, atau mungkin menggunakan sebuah email forwarder dan dengan identitas yang sama sekali lain. Ada pula yang menggunakan email forwarder untuk menghindari kemungkinan menerima spamming.

2.MEMBALAS DAN MENGIRIM EMAIL

MEMBALAS EMAIL
cara membalas email sangatlah mudah…langkah-langkahnya juga simpel.
mau tau? ikuti aja langkah dibawah :
1. Masuk ke Yahoo! klik email masuk.
2. Pilih email yang akan dibalas.
3. Klik balas.

4. Setelah itu mulailah menulis pesan yang akan dikirim.
5. Pastikan alamat email tujuan sudah tertulis
6. Selanjutnya klik kirim untuk memulai proses pengiriman.

7. Jika pengiriman berhasil, akan muncul tampilan seperti berikut setelah klik ok,

8. Setelah melakukan langkah-langkah tersebut maka email balasan anda telah berhasil

.1. Anda harus mengunjungi yahoo atau klik disini.

2. Jika sudah mengikuti langkah no 1 anda dibawa ke halaman seperti gambar dibawah ini, lalu anda pilih buat account baru.

3. Jika sudah pilih buat account baru, sekarang anda disuruh mengisi data yang diminta oleh pihak yahoo. Sebagai contoh anda bisa melihat gambar dibawah ini.

Keterangan diatas secara detail anda bisa simak dibawah ini.

  • Nama saya: Maksudnya isikan nama anda anda sendiri, nama depan dan nama belakang.
  • Jenis Kelamin: Saat ini yahoo cuman ada dua jenis kelamin yakni laki-laki dan perempuan anda bisa memilih salah satu, jika jenis kelamin anda tidak ada disitu saya mohon maaf hihihihihi….
  • Tanggal lahir: Isikan tanggal lahir anda beserta bulan dan tahunnya.
  • Saya tinggal di: Jika anda tinggal di luar negeri anda bisa mengganti negara indonesia tersebut.
  • Id Yahoo! dan Email: Anda disuruh membuat id anda seperti gambar diatas, jika tidak bisa coba diganti id tersebut.
  • Kata sandi: Anda harus mengisikan kata sandi, kata sandi ini harus di ingat-ingat karena sangat penting sekali.
  • Ketik ulang kata sandi: Anda harus mengulang kata sandi anda secara benar.
  • Pertanyaan rahasia 1: Pertanyaan ini juga harus diingat karena anda lupa kata sandi anda, anda bisa menggunakan pertanyaan rahasia tersebut dengan menggunakan fitur lupa kata sandi.
  • Pertanyaan rahasia 2: Pertanyaan ini sama saja dengan pertanyaan yang pertama hanya saja berbeda pertanyaan.
  • Ketik kode yang ditampilkan: Anda harus mengetik kode sama persis seperti gambar diatas, jaka salah ulangi sampai benar.

4. Jika sudah diisi dengan lengkap dan benar lalu pilih buat account saya, nanti anda akan dibawa ke halaman seperti gambar dibawah ini.

5. Tekan lanjutkan untuk mengkonfirmasi pendataran email yahoo anda, dan anda sekarang sudah mempunyai email yahoo.

1. Login ke akun email Google (http://gmail.com >> masukkan alamat email dan password >> klik Login)

2. Klik nama Anda, yang ada di sebelah kanan atas. Pilih menu Setelah akun atau yang bhs Inggris Account settings.

3. Klik edit, di tampilan sebelah kiri, kanannya Produk saya ato bhs Inggris My products.

4. Pilih link yang paling bawah, Tutup account dan hapus… ato yang bhs Inggris Close account and delete all services…

5. Check list semua opsi yang ada, masukkan password Anda, dan klik tombol Hapus Google Account ato yang bhs Inggris Delete Google Account.

6. Selesai. Jika Sukses maka akan muncul tampilan seperti berikut.

 

By iffalkaey

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s